Tips Aman Berkendaraan di Jalan Raya

icaraku - Banyak sekali terjadinya kecelakaan dijalan raya menyebabkan ini menjadi momok menakutkan bagi mereka yang beraktivitas dengan menggunakan motor dan mobil. Maka kami merasa penting untuk menyajikan tips aman berkendaraan dijalan raya agar kita lebih aman dan tidak kecelakaan.

Tips Aman Berkendaraan
Kecelakaan dijalan raya tidak hanya terjadi karena kelalaian kita sebagai pengemudi saja, tetapi bisa juga terjadi karena kelalaian dari pengendara lain yang lalai dan tidak berhati-hati dalam mengemudi motor dan mobilnya. Oleh karena kewasapadaan kita dan focus kita saja tidak cukup, maka kita juga harus memperhatikan hal-hal lain diluar itu yang berkenaan pada kendaraan yang kita gunakan sehingga perjalanan di jalan raya bisa tenang dan aman. Terutama hal yang berkenaan sebelum memulai perjalanan, berikut kami lansirkan beberapa tips aman berkendaraan dijalan raya sebagai yang dikutip dari okezone.com

Tips Supaya Aman Berkendaraan di Jalan Raya

1. Perhatikan kesehatan anda, pastikan bahwa sudah cukup tidur sebelum mengendara mobil

2. Kalau anda mengendara mobil pastikan anda sudah menggunakan sabuk pengaman

3. Selalu melaju dengan kecepatan normal, jangan pernah berjalan dan membawa motor atau mobil pada kecepatan yang tidak bisa anda kontrol

4. Melambatkan kendaraan saat anda melewati persimpangan atau daerah yang keramaian

5. Hindari menggunakan ponsel atau menerima ponsel anda, baik ketika sedang berkendaraan bermotor maupun mobil

6. Kalau perjalanan yang anda tempuh jauh, maka bawalah seorang sopir cadangan yang bisa membantu anda mengemudi ketika anda lelah. Sering-seringlah istirahat kalau anda merasa ngantuk atau badan tidak fits.

7. Selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain yang searah dan berhati-hati dengan kendaraan yang berlawanan.

8. Tips aman berkendaraan selanjutnya adalah memastikan semua lampu kendaraan bisa menyala, baik lampu depan maupun lampu belakang. Perhatikan spion anda tetap bersih selalu.

9. Menyalakan lampu saat sore hari dan menggunakan wiper kalau anda menggunakan mobil.

Tambahan: Kalau andamenggunakan motor pastikan anda menggunaka HELM, kalau perjalanan anda jauh gunakan jaket tebal yang melindungi badan.

Itulah beberapa Tips Aman Berkendaraan di Jalan Raya yang mesti anda waspadai dan jaga. Waspada terhadapa segala kemungkinan terjadinya kecelakaan karena kecelakaan bisa terjadi saat-saat tidak anda sangka.