Mengenal Gejala Penyakit Lupus Sejak Dini

Mengenal Gejala Penyakit Lupus - Tahukan anda bagaimana yang disebut dengan lupus. Penyakit lupus adalah penyakit yang terjadi karena kelainan sistem kekebalan tubuh, yaitu terjadinya kekebalan tubuh yang di atas rata-rata. Penyakit lupus sering disebut juga dengan penyakit seribu wajah, karena memang penyakit ini susah untuk dikenal. Proses terjadinya juga menahun dan dalam waktu yang lama. Penderita penyakit lupus mengalami reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan ketika adanya benda asing yang masuk kedalam tubuh atau ketika terjadinya ransangan dari luar tubuh.

Mengenal Gejala Penyakit Lupus

Penyakit lupus bisa dikatakan kebalikan dari penyakit HIV AIDS yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah sehingga tidak bisa menyerang virus yang masuk dalam tubuh. Pada penderita penyakit lupus anti body atau kekebalan tubuh akan bereaksi secara berlebihan atau over terhadap benda asing yang masuk kedalam tubuh, sehingga memberkan efek buruk bagi sel tubuh itu sendiri.

Lantas, bagaimana penyakit lupus ini terjadi dan apa penyebab terjadinya lupus. Sampai saat ini masih diduga bahwa penyakit lupus terjadi karena faktor keturunan atau genetik, karena lupus tidak disebabkan oleh virus atau bakteri. Tetapi bisa juga terjadi karena hormon atau karena penagruh lingkungan setempat.

Penyakit lupus sulit dalam mendiagnosis, karena sering kali penyakit lupus ini menyerupai penyakit lain dalam tubuh manusia, inilah alasan bahwa dokter sering kali salah dalam mengobati penderita lupus.

Contoh kasus dari penyakit lupus adalah, misalnya penyakit ini menyerang jantung, maka gejala yang ditimbulkannya akan sama dengan gejala penyakit jantung, sehingga dokter terkadang memberikan obat penyakit jantung. Inilah yang seringkali terjadi,karena mendeteksi penyakit lupus ini sangat sulit.

Namun demikian, penyakit lupus memberikan gejala-gejala. Gejala lupus yang seringkali muncul adalah bercak merah pada kedua pipi, demam, ujung jarinya pucat, cepat merasa lelah, pusing, kadang-kadang juga disertai kejang.

Demikian sedikit uraian tentang penyakit lupus atau penyakit seribu wajah. Diharapkan dengan mengetahui gejala penyakit lupus, penyakit ini segera di atasi dan penderitanya cepat sembuh. Semohga bermanfaat