Cara Mengontrol Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah - Berbagai masalah kesehatan seringkali timbulm karena masalah gula darah. Kadar gula darah yang tidak seimbang atau kadar gula darah yang tinggi merupakan bencana bagi kesehatan kita. Kadar gula darah tinggi disebut dengan hiperglikemia, ini adalah ancaman yang sangat serius.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kalau seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi ini akan sangat rentan untuk kejangkitan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan lain-lain. Dalam artikel ini kita akan melihat bagaimana cara mengontrol kadar gula darah dalam tubuh agar kita bisa terhindar dari berbagai penyakit serius atau mematikan.

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah

Ganti minuman manis dengan air putih
Kebiasaan minum minuman soda, dan berbagai merk minuman manis lainnya akan memberikan asupan gula yang tinggi dalam tubuh, dan ini akan memberikan kesempatan lebih besar untuk terkena diabetes, jantung, dll. Kalau anda terbiasanya dengan minuman manis sejenis ini sebaiknya gantikan kebiasaan anda dengan minum air putih. Air putih disamping bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh juga bisa berfungsi dan bermanfaat untuk menjaga dan menurunkan berat badan. Setidaknya minumlah air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

Mencoba untuk membatasi jumlah asupan makanan
Banyaknya makanan yang masuk kedalam tubuh juga bisa menyebabkan penyakit tingginya gula darah. Karenanya kita perlu mengontrol jumlah makanan yang masuk setiap harinya untuk menjaga kadar gula darah. Hindari makan dimalam hari, dan hindari makan secara berlebihan, makanlah snack yang sehat seperti buah-buhan kaya serat, dan sayuran hijau.

Untuk berapa banyak jumlah makanan yang harus anda konsumsi, anda perlu konsultasi kedokter, karena kadar gula ideal dalam darah setiap orang berbeda, sehingga tidak ada jumlah atau ketentuan yang pasti selain kita konsultasi ke dokter.

Makan makanan tinggi serat
Gandum adalah salah satu makanan tinggi seraqt yang dikonsumsi, makanan tinggi serat ini bisa mengontrol tinggi kadar gula dalam darah, disamping bisa juga sebagai penurun posri makan, karena gandum adalah jenis makanan cepat kenyang.

Konsumsi karbohidrat sehat
Perlu bagi kita untuk mengkonsumsi karbohidrat sehat, kebanyakan dieter atau orang yang sedang diet mereka membatasi karbohidrat secara menyeluruh, ini justru berbahaya karena kehilangan karbohidrat bisa menyebabkan tubuh pingsan.

Makanlah karbohidrat sehat sehat pasta gandum, buah-buahan. Ini adalah cara baik dalam mengontrol kadar gula darah. Untuk ketentuan berapa banyak kadar yang harus anda konsumsi, konsultasilah kedokter atau hali gizi.

Batasi jumlah lemak
Kelebihan lkemak dalam tubuh bisa menyabkan penyakit jantung, kanker dan lain-lain. Batasilah mengasup lemak dalam keseharian, konsumsilah lemak sehat seperti lemak dalam minyak zaitun, kacang-kacangan dan lemak lemak tak jenuh lainnya.

Makan makanan rendah kolesterol
Kalau lemak bisa menyebakan penyakit jantung, kanker, makanan yang tinggi kolesterol juga bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Makanan tinggi kolesterol bisa menyebabkan gula darah, dan resiko penyakit jantung. Baca juga cara menurunkan kolesterol.

Batasilah makanan berkolesterol, makanlah daging yang rendah lemak, seperti daging putih, dan untuk produksusu pilihlah susu SKIM daripada susu yang lain.

Demikianlah beberapa cara mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Mari kita hidup lebih sehat dengan makanan sehat.