Tips Membaca Cepat dan Mudah Paham

Tips Membaca Cepat dan Mudah Paham - Bagi kita yang ingin membaca banyak buku dalam sehari tentu tidak akan bisa menghabiskannya kalau metode membaca yang kita terapkan masih seperti membaca waktu di SD dulu. Jadi, untuk bisa membaca dengan optimal kita perlu menguasai tips membaca cepat namun tetap memahami apa yang kita baca.

Sekarang dalam membaca ditemukan teknik tersendiri untuk bisa membaca cepat dan tetap bisa memahami apa yang kita baca. Teknik membaca ini disebut dengan teknik skimming dan scanning. Kenapa harus ada teknik membaca segala, ya karena dengan menggunakan teknik ini kita akan menghimat waktu dan memahami bacaan dengan mudah serta informasi yang kita baca bisa tahan lagi. Yang lebih penting, menggunakan teknik membaca ini bisa melatih kecerdasan otak kita.

Tips Membaca Cepat dan Mudah Paham

Berikut adalah dua teknik membaca cepat dan memudahkan kita memahami bacaan.

Tips Membaca Cepat dan Mudah Paham, Teknik Skimming dan Scanning


1. Membaca dengan teknik Scanning
Membaca tatap (scanning) atau disebut juga dengan memindai adalah membaca sangat cepat. Ketika seseorang membaca memindai, dia akan melampaui banyak kata. Menurut Mikulecky Jeffries (dalam Farida Rahim, 2005), Teknik scanning ini penting dilaukan dan dikuasai untuk bisa menguasai beberapa informasi sekaligus dalam waktu cepat. Kalau kita biasa membaca dengan tidak melewati kata per kata dalam kalimat, maka membaca dengan menggunakan metode scanning ini bisa memahami bacaan dengan lebih cepat. Tapi, tips membaca cepat dengan cara memindai ini tidak asal digunakan. Jika untuk membaca buku teks, puisi, surat penting dari ahli hukum, dan sebagainya, perlu lebih detil dalam membacanya.

Tips atau teknik membaca Scanning atau memindai berarti mencari informasi spesifik secara cepat dan akurat. Memindai artinya terbang di atas halaman-halaman buku. Membaca dengan teknik memindai artinya menyapu halaman buku untuk menemukan sesuatu yang diperlukan. Scanning berkaitan dengan menggerakan mata secara cepat keseluruh bagian halaman tertentu untuk mencari kata dan frasa tertentu.

Teknik membaca dengan teknik memindai atau scanning ini menggunakan gerakan mata secara cepat seperti menyapu di atas bacaan/buku, sehingga ketika menemukan sebuah informasi yang penting maka mata akan berhenti. Teknik scanning membuat anda bisa membaca cepat dan menghabiskan banyak bacaan dalam sehari.

Langkah-Langkah dalam Membaca Scanning

  • Perhatikan penggunaan urutan seperti "angka", "huruf", "langkah", "pertama", "kedua", atau "selanjutnya".
  • Carilah kata yang dicetak tebal, miring atau yang dicetak berbeda dengan teks lainnya.
  • Ingat...Terkadang penulis menempatkan kata kunci di batas paragraph

Langkah atau proses scanning yang lain yakni:
  • Menggerakkan mata cepat seperti anak panah, dari atas langsung kebawah
  • Setelah ditemukan sebuah berita yang dianggap penting, maka kecepatan diperlambat untuk menemukan keterangan lengkap dari informasi yang dicari, dan
  • Pembaca dituntut memiliki pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik yang dibaca (misalnya, kamus disusun secara alfabetis dan ada keyword di setiap halaman bagian kanan atas, ensiklopedi disusun secara alfabetis dengan pembalikan untuk istilah yang terdiri dari dua kata, dan sebagainya).

2. Teknik Membaca dengan metode Skimming
Membaca Skimming adalah membaca dengan melayap cepat untuk mengetahui isi umum atau bagian suatu bacaan. (Farida Rahim, 2005). Membaca layap perlu dilakukan untuk mengetahui sudut pandang penulis tentang sesuatu, dan menemukan pola organisasi paragraf, dan menemukan gagasan umum dengan cepat (Mikulecky & Jeffries dalam Farida Rahim, 2005).

Skimming juga bisa dijelaskan dengan membaca sekilas atau membaca cepat untuk mendapatkan suatu informasi dari yang kita baca. Skimming dilakukan untuk melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya.

Selain untuk mendapatkan gagasan utama dari sebuah teks. Untuk mengetahui apakah suatu artikel sesuai dengan apa yang kita cari. Untuk menilai artikel tersebut, apakah menarik untuk dibaca lebih lanjut secara mendetail. Kecepatan membaca secara skimming biasanya sekitar 3-4 kali lebih cepat dari membaca biasa.

Langkah-langkah untuk Skimming
  • Baca judul, sub judul dan subheading untuk mencari tahu apa yang dibicarakan teks tersebut.
  • Perhatikan ilustrasi sebuah tulisan seperti (gambar atau foto), ini bertujuan agar Anda mendapatkan informasi lebih jauh tentang topik tersebut.
  • Baca pada awal dan akhir kalimat setiap paragraph
  • Metode ini tidak membaca kata per kata. Biarkan mata Anda melakukan skimming kulit luar sebuah teks. Carilah kata kunci
  • Lanjutkan dengan berpikir mengenai arti teks tersebut.

Itulah 2 metode dan tips membaca cepat dan memahami makna bacaan serta bisa mendapatkan informasi dengan lebih efisien. Semoga bermanfaat

Baca juga: