Cara Mempertajam Ingatan Otak Kanan

Cara Mempertajam Ingatan Otak Kanan - Ini penting untuk kita bahas, karena kita tidak dapat memungkiri bahwa kinerja otak kita akan susut seiring dengan bertambahnya usia, dan ingatan pun akan melemah dengan sendirinya, bahkan sekarang penyakit pelupa ini tidak hanya di alami oleh orang tua namun juga dialami oleh anak-anak muda. Jadi bagaimana sebenarnya mempertajam ingatan, lebih-lebih ingatan otak kanan yang selalu berperan dan kreatifitas?

Maka, dalam postingan ini kita akan mengupas tentang cara mempertajam ingatan otak kanan kita agar lebih pandai dan bisa mengingat sesuatu dalam jangka waktu lama bukan seperti yang biasa di ingat atau di hafal oleh otak kirin yang cendrung sifatnya semnatara atau jangka pendek.

Mempertajam Ingatan Otak Kanan
Dalam perihal mengingat otak adalah pemegang kendali, dan seperti kita ketahui bahwa otak dibagi menjadi dua bagian, ada otak kanan dan ada otak kiri. Perlu diketahui bahwa fungsi dari kedua otak ini adalah sangat berbeda sekali. Otak kiri mislanya ia berperan pada segala sesuatu yang bersifat logika, angka, hitungan, kecerdasan, angka, analisa dan ingatan dalam jangka pendek. Sementara otak kanan berfungsi dan berperan dalam hal sebaliknya seperti kreatifitas, musik, warna, imajinasi, emosi, bentuk dan ingatan jangka panjang.

Cara Mempertajam Ingatan Otak Kanan

Ingatan yang berasal dari otak kanan akan bertahan lama, maka ketika belajar atau mengingat sesutu sebainya kita menggunakan otak kanan, dan ini akan mudah kalau kita melatih otak kanan dengan optimal, Jadi kita harus mengubah sebuah ingat menjadi bentuk atau menjadi cerita, sehingga dengan demikian otak kanan akan menyimpan memori dan ini akan bertahan dalam waktu lama. Namun sayang banyak kita yang lebih kuat menggunakan otak kiri sehingga pemikiran kita terbatas pada sesuatu yang kita anggap realistis, padahal otak kanan punyai kemampuan lebih dari itu dan apapun yang dipikir tidak mungkin oleh otak kiri, maka otak kanan mampu melakukannya. Informasi yang disimpan otak kiri akan cendrung sementara dan informasi yang disimpan otak kanan cendrung permanen atau jangka waktu lama (long term memory). Jadi kita butuh dan perlu melatih otak kanan dan kita harus tahu cara mempertajam otak kanan.

1. Total story technique
Ini adalah teknik cerita, ketika ingin mengingat dengan otak kanan kita bisa mengubah sesuatu yang harus kita ingta itu dengan membuat sebuah cerita, sehingga ini membuat kita teringat. Contoh: Anda disuruh beli Beras, mentega, sous, minyak ikan, tomat, kembang kol, pepaya, tembakau, sirih, telur ayam, semangka. Ini mungkin akan sangat susah kalau kita harus menghafalnya. Maka untuk emudahkan buat sebuah cerita tentangnya. Dewi sri memanaskan MINYAK IKAN menggunakan MENTEGA karena ingin memasak KEMBANG KOL, Katanya ini sangat enak dengan menggunakan SOUS TOMAT, Semenatar diluar ada nenek yang sedang makan SIRIH dan TEMBAKAU mengupas PEPAYA dan SEMANGKA untuk dijual buat membeli TELUR. dengan cara ini anda akan bisa mengingat walaupun bendanya banyak.

2. Total Word Tehnique
Dalam melatih otak kanan dengan teknik ini, yang akan kita ubah adalah kalimat-kalimat menjadi singkatan, kalau ada bahasa asing bisa kita ubah kepada bahasa yang hampir sama bunyinya. Baru kemudian singkatan itu kita buat cerita yang bisa di cerna otak kanan. Contohnya: Misalnya anda ingin menghafal nama 9 planet ditata surya mulai dari yang terdekat dengan matahari. Merkurius, Venus, BUmi, Mars, Jupiter, saturnus, Uranus, Neptunus, pluto. anda bisa mengubahnya menjadi kalimat yang hampir sama yaitu: Mengendarai Vespa Bukan Mainan, Judi Sahabat Urip Nengok Paman. Ini akan mudah di ingat ketimbang anda hafal seperti biasa dengan otak kiri.

3. Total Number Technique.
Ini adalah teknik melatih otak kanan mengingat angka, karena otak kanan tidak mengenal angka, maka anda harus mengubah angka jadi sebuiah cerita sehingga ini akan di ingat oleh kanan. Kalau anda mengingat dengan kiri pasti dangat lama. Misalnya anda ingin mengingat angka 2123108214153212. anda bisa membuat cerita wirosableng (212) pergi merayakan kemerdekaan malaysia (31) agustus (08) selama 21 hari dalam perjalanan 4 jam 15 menit. akhirnya tanggal 3 WIROSABLENG sampe kerumah.

Demikian cara melatih dan mempertajam ingatan dengan otak kanan, anda bisa mengajarkan metode ini kepada anak-anak, sehingga menghafal buka lagi hal jengkel bagi mereka, tetapi hal menyenangkan, sekaligus ini bisa melatih otak kanan anak dan mengembangkan kreatifitasnya, dan bisa meningkatkan semangat belajar anak. Selamat mencoba