Cara Ampuh Merawat Kesehatan Mata

Cara Ampuh Merawat Kesehatan Mata - Merawat kesehatan mata adalah hal penting yang harus terus dilakukan dan diperhatikan setiap orang. Mata merupakan organ atau panca indera penting pada bagi kita, tanpa mata kita tidak bisa menikmati indahnya ciptaan Allah, dan kita akan sulit dalam beraktivitas. Jadi, mata sangat penting untuk dijaga agar mata tetap sehat jauh dari rabun atau mata minus.

Merawat Kesehatan Mata

Karena begitu pentingnya menjaga kesehatan mata, maka dalam postingan ini saya akan membahas cara ampuh merawat kesehatan mata agar mata tetap berfungsi dengan baik dan selalu dalam keadaan sehat seiring dengan perkembangan dan bertambahnya usia kita.

Cara Ampuh Merawat Kesehatan Mata

  1. Makan buah dan sayuran. Buah dan sayuran adalah makanan sehat untuk dikonsumsi apalagi itu adalah makanan dan sayuran yang kaya serat. Salah satu sayuran penting bagi kesehatan mata adalah wortel, wortel mengandung beta karoten yang merupakan anti oksidan yang dalam istilah kesehatan mata bisa mengurangi degenerasi makula.
  2. Jangan sering menggunakan obat tetes mata. Kalau mata merah anda dibenarkan memnggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata merah, tetapi jangan terlalu sering menggunakannya, karena ini justru bisa berefek buruk bagi kesehatan mata.
  3. Kompres dengan mentimun. Mata lelah atau capek perlu dikompres. Anda bisa menggunakan irisan mentimun yang dipotong bulat, kemudian letakkan mentimun itu di kelopak mata, lakukan ini ketika hendak tidur, ini akan memberikan efek dingin dan nyaman bagi mata anda, dan akan mengatasi mata bengkak.
  4. Pakai kaca mata hitam. Kalau anda keluar rumah dalam keadaan cuaca panas, maka gunakan kaca mata hitam yang terpolarisasi untuk mencegah sinar ultraviolet mengenai mata anda.
  5. Jangan terlalu lama didepan komputer. Kalau anda seorang blogger atau seorang dengan aktivitas didepan komputer, usahakan jangan terlalu lama duduk didepan komputer, kalaupun kerja anda belum siap usahakan untuk sesekali beranjak dari tempat duduk dan memandang pemandangan hijau sekitar 10 menit sebelum kemudian kembali kedepan komputer anda.
  6. Menggunakan kacamata yang tepat. Kalau anda bekerja disuatu tempat yang udara atau keadaanya disektarnya berbahaya, gunakan kacamata yang tepat yang melindungi anda dari bahaya tersebut. Seperti bahan kimia, atau bunga api las
  7. Jangan membaca dalam cahaya remang. Cara ampuh menjaga kesehatan mata lainnya adalah hindari membaca dalam cahaya redup, membaca dalam cahaya remang-remang atau redup bisa menyebabkan mata anda tegang dan lelah, kalau ini terjadi segera berhenti membaca dan istirahatkan mata anda.
  8. Jangan langsung menatap cahaya terang. Jauhi memandang cahaya yang terang seperti memandang matahari atau memandang lampu kamera handphone, ini bisa merusak mata anda.
  9. Latih mata untuk santai. Melihat sebuah objek yang dekat kemudian memfokus objek yang jauh dan lakukan hal ini berulang-ulang, ini bisa menajamkan mata anda. Tutup mata anda dengan telapak tangan untuk beberapa saat, kemudian buka dan lakukan beberpa kali.
Inilah beberapa cara ampuh merawat kesehatan mata. Selamat mencoba dan semoga sukses. Kalau mata anda kotor dan mata putihnya kuning, silakan baca artikel saya tentang cara membersihkan mata kotor. Semoga bermanfaat